Temanpakai.my.id – Mengenali jenis bahan pakaian sesuai kebutuhan dalam membeli baju sangatlah penting karena erat kaitannya dengan banyak hal yang mempengaruhi. Salah pilih bahan bisa berakibat fatal. Selain merusak kenyamanan saat kita memakainya, bisa juga dapat membentuk kesan yang tidak kita inginkan seperti terlihat lebih gemuk, terlihat lebih pendek, dan lain sebagainya.

Kenali Bahan-Bahan Pakaian Sesuai Kebutuhan

Tak bisa dimungkiri pula sekarang ini mulai dari anak remaja hingga dewasa sekalipun lebih tertarik belanja baju di online shop melalui Instagram, Facebook dan E-commerce. Seringkali, para pembeli ini mengabaikan jenis bahan baju, sehingga saat barang sudah datang dan melihat bajunya timbul rasa kecewa karena bahan baju tidak sesuai yang diinginkan.Untuk itu, mulai dari sekarang bagi Anda yang ingin membeli baju online ataupun jika ingin membuat baju harus lebih teliti lagi dengan mengetahui jenis-jenis bahan.

Berikut ini beberapa jenis kain bahan yang harus kamu ketahui :

 

Cotton

Ini jenis bahan yang seringkali dipakai untuk jenis baju yang dijual didistro. Cotton memiliki 2 jenis besaran yaitu cotton combed bahannya lebih halus dari pada cotton carded yang sedikit kasar. Secara sepintas saat kita memegang bahan cotton cardeterasa lebih tebal, namun cotton combed ketika di pakai lebih nyaman dan ringan. kedua jenis bahan tersebut gampang menyerap keringat dan tidak panas, karena bahan baku dasarnya adalah serat kapas.

Selain itu, untuk membedakan tebal tipisnya kaos dengan bahan ini adalah jenis benang yang dipergunakan. Biasanya kita sering melihat jenis kaos yang 20’s, 30’s atau lainnya. Bahan dengan benang 20’s lebih tebal ketimbang 30’s. Ada lagi bahan yang lebih tebal dari Cotton Combed 20’s yaitu Double Cotton atau biasanya juga di sebut dengan Double Nett. Tentunya bahan lebih nyaman dan jatuh (berat ke bawah) ketika di pakai.

Tapi, kekurangan dari bahan Double Cotton ini adalah lebih cepat melar ketika sering dicuci dan dipakai, apalagi jika sering ditarik karena ada udara seperti layaknya spon. Secara umum, karakteristik dari bahan dasar tanaman kapas ini adalah sebagai berikut:

Bahan terasa dingin dan sedikit kaku

Menyerap keringat

Pakaian / kain akan rusak bila direndam lebih dari 2 jam dalam detergen

Rentan terhadap jamur

Jangan biarkan kain katun terlalu lama basah.

 

Borkat

Mungkin beberapa orang mengenal brokat sebagai sebuah kebaya. Tetapi bukan itu, Brokat adalah jenis kain yang memang sering digunakan untuk menciptakan kesan mewah dan elegan. Secara detailnya brokat adalah kain yang disulam berasal dari kata broccato yang artinya kain yang disulam.

. Sekarang ini kain brokat memiliki motif yang cantik-cantik, bahkan tak jarang juga brokat ditambahkan ornament tertentu seperti manik-manik, sehingga menambah kesan mewah dan anggun. Lebih tenar sebagai kebaya karena memang sebagian besar Kebaya yang ada di Indonesia menggunakan bahan dasar Brokat.  Karena memiliki eksan mewah, brokat lebih cocok digunakan untuk acara formal dan resmi seperti pernikahan atau menghadiri pesta.

Chiffon

Bahan Chiffon atau sering disebut sifon adalah bahan yang terbuat dari perpaduan beberapa komponen mulai dari sutra, katun, nilon, polyester dan rayon. Sifon ini fisiknya tipis tapi terdapat kesan mengkilap walau samar-samar. Biasanya para konveksi busana menggunakan bahan ini untuk pembuatan pakaian formal hingga gaun-gaun pesta yang cocok dipakai pada malam hari.

Bahan ini juga banyak digunakan menjadi bahan jilbab dikarenakan yang jatuh dan mudah diatur. Namun kekurangan dari kain ini adalah susah menyerap keringat. Jadi, kamu yang mudah berkeringat, coba kenakan kain sifon dengan beberapa paduan bahan lain seperti katun atau spandeks.

spandex

Spandex adalah jenis kain yang mempunyai sifat elastis. Jenis kain ini ada juga yang menyebutnya dengan kain Lycra. Spandex dibuat dari bahan sintetis yang kuat. Dengan karakter yang elastic dan lentur ini, kain Spandex memberikan kelembutan dan adem saat digunakan. Maka dari itu, kain ini termasuk dalam jenis-jenis kain yang sering dipakai untuk pakaian olahraga.

Kain spandex biasanya juga digunakan untuk baju dalaman karena sangat tipis. Tetapi saat ini kain spandex populer digunakan untuk hijab atau bahkan gamis. Beberapa pakaian yang saat ini populer menggunakan spandex digabungkan dengan polyester dan cotton sehingga lebih tebal dan lebih nyaman digunakan. Spandex yang memiliki kualitas yang baik dapat menyerap keringat dan memantulkan kembali sinar ultraviolet.

Linen

Seperti katun, namun memiliki serat yang lebih kuat, sangat cocok untuk casual wear dan dresses. Kain cantik ini berkerut tapi jangan sampai kerutannya malahan menganggu penampilan. Kain ini mempunyai karakteristik:

Bahannya dingin, menyerap keringat dan sangat nyaman dipakai

Mudah Kusut sehingga cara mencuci dan menyetrika butuh perhatian

Untuk perawatan: pilih deterjen yang lembut dan rendam dalam air bersuhu hangat (lihat petunjuk label pakaiann

Walaupun hamper sama tapi kamu tetap dapat dengan mudah membedakan linen karena serat yang terkandung di dalamnya. Kain linen ini juga merupakan kain yang terbuat dari serat alami tumbuhan rami, sehingga serat kain ini akan terlihat jelas dan terasa kaku namun mempunyai tekstur lebih halus dibanding katun. Hal ini tentunya memengaruhi harga jual kain linen di pasar. Meski cenderung lebih mahal daripada katun, jenis kain linen mempunyai kualitas yang tidak mengecewakan.

Terdapat fakta menarik lain nih mengenai jenis kain ini. Kain linen merupakan kain yang pertama kali digunakan sebagai bahan pembuatan pakaian. Tak hanya itu, semakin sering kamu memakai pakaian berbahan linen dan merawatnya dengan cara yang benar maka semakin nyaman linen tersebut.

Rajut

Rajut sering digunakan untuk membuat pakaian bayi, anak kecil hingga dewasa mulai dari kaos, polo, sweater (cek juga inspirasi ootd dengat sweater), dan masih banyak lagi. Saat berada di cuaca yang dingin, kain rajut juga menjadi salah satu bahan pakaian yang diandalkan  Struktur dari jenis kain ini terbentuk dari jeratan benang-benang yang saling bertautan.

Kain ini memang tidak bisa menyerap keringat dan tidak cocok dikenakan saat cuaca panas. Namun kelebihan dari kain rajut ini adalah jenis kain yang memiliki fleksibilitas yang cukup baik sehingga pemakai bisa bergerak lebih leluasa.

Bagi penggemar baju rajut perlu mengetahui bahwa rajut terbagi menjadi 3 jenis, yaitu single knit yang merupakan jenis rajutan yang pembuatannya menggunakan jarum khusus rajut, double knit adalah rajutan yang memiliki tekstur lembut dan juga motif yang beragam, dan stiper jenis yang menggabungkan benang berwarna pada proses merajutnya

Drill

Nah kalau tadi linen, kain drill juga mempunyai wujud yang menyerupai bahan kain katun. Bedanya, kain drill lebih tebal dibanding katun atau linen.

Bahan ini terbuat dari campuran serat  tetoron dan rayon serta polyester. Karena lebih tebal dan cukup kaku, kain ini sebaiknya dijadikan sebagai bahan utama celana, culotte atau rok. Selain untuk bottom, kain drill juga nyaman  dijadikan seragam pekerja dan juga topi.

Bahan jenis drill terbagi menjadi kain drill merk taipan drill dan taipan tropical untuk produk jepang yang kualitasnya baik dan tebal. Adapula merk American Drill seperti Verlando dan Venosa yang harganya lebih murah ketimbang Japan Drill. koleksi warna pun terbilang paling lengkap dibanding bahan merk lain. Bentuk tekstrur dari bahan ini adalah terlihat garis benang bahan ini yang jelas.

Denim

Bahan kain yang satu ini tak perlu dipertanyakan lagi kualitasnya. Kain denim adalah salah satu dari macam macam kain yang terbuat dari serat yang sangat kuat, tebal namun mudah dicuci. Denim merupakan kain yang ditenun dengan serat katun berwarna biru pada pakan dan serat katun warna putih pada lungsi – ini sebabnya mengapa warna kain denim terlihat putih pada bagian dalamnya. Denim dibuat dengan jenis tenun silang kepar (Twill Weave), maka menghasilkan garis diagonal sebagai salah satu karakteristik dari kain tersebut.

Seiring perkembangan zaman, denim tidak hanya berwarna indigo namun hadir dengan beberapa pilihan warna menarik seperti hitam, abu-abu dan putih. Meski identik sebagai kain utama pembuatan jaket dan celana panjang, denim saat ini juga sering dijadikan sebagai bahan utama pakaian sehari-hari seperti blus, rok dan casual dress dengan ketebalan kain yang berbeda-beda.

Sayangnya, kain yang berasal dari Prancis ini sering disalahsebutkan oleh kebanyakan orang. Kain ini sering disebut dengan istilah kain jeans (Flared Jeans) . Perlu diketahui, jeans bukanlah nama kain melainkan sebuah produk desain berupa celana panjang berbahan denim yang dirilis oleh satu brand ternama dunia, Levis. So, jangan salah sebut nama kain lagi, ya.

Polyester

bahan ini termasuk bahan sintetis tetapi tidak dapat menyerap keringat dan permukaannya tidak sehalus Spandex, tekstur yang agak kasar karena polyester tidak murni hanya dari serat kapas saja, tapi juda ada serat buatan didalammnya. Secara kualitas, Polyester lebih rendah dari Cotton(katun). Memiliki karakter kain yang tidak mudah kusut, namun warna lebih cepat pudar karena mengandung serat buatan. Kelebihannya yaitu lebih murah untuk baju dengan bahan polyester.

Salah satu cara paling mudah untuk membedakan antara kain polyster dengan kain berbahan dasar serat alam ialah dengan membakar ujung kain tersebut. Apabila pada saat dibakar serat kain terbakar dan hangus maka kain tersebut berbahan dasar serat alam, namun jika dibakar tampak seperti plastik yang meleleh maka kain tersebut berbahan dasar polyester.

Jersey

Jersey menjadi salah satu bahan yang tak asing lagi bagi para pembeli baju online. Bahan ini sering digunakan untuk membuat kaos, selimut musim dingin, dan gamis. Secara rincinya, bahan jersey adalah bahan kain yang terbuat dari jenis tekstil rajutan yang terdiri dari serat katun yang dibuat dari kombinasi bahan sintetis dan bahan katun. Tapi ada juga jersey yang dicampur dengan serat sintetis.

Alasan mengapa banyak orang suka memakai kain jersey adalah faktor peregangan. Kain dapat meregang hingga 25 persen dari bentuk semula. Pilihan warna pada kain jersey juga sangat beragam membuat orang banyak jatuh cinta dengan bahan ini.

Ketika menjahit kain jersey, sebaiknya kain dicuci terlebih dahulu terutama jika bahan kainnya adalah kapas atau katun. Semua rajutan cenderung menyusut ketika dicuci, dan mencuci terlebih dahulu akan menghilangkan masalah penyusutan.

Semoga artikel ini bermanfaat, jangan salah pilih jenis bahan pakaian lagi ya semua….

Bagikan Artkel Ini