Temanpakai.my.id – Pakaian merupakan kebutuhan pokok semua orang. Selain berfungsi untuk melindungi tubuh, pakaian juga berfungsi untuk menunjang penampilan fashion kamu. Tetapi sebagus apapun pakaian mu, jika tidak dirawat dengan baik, tepat, pasti penampilan luar kamu kurang sempurna. Temanpakai mengajak kalian semua untuk menyimak beberapa cara untuk merawat pakaian mu dengan baik agar, agar pakaian yang kalian miliki tetap sempurna dan berumur lama. Berikut beberapa cara nya.

1. Jangan Sering Dicuci

Pakaian yang terlalu sering dicuci oleh pemiliknya kurang sebenarnya kurang bagus untuk pakaian itu, pakaian yang sering dicuci alih-alih pemilik ingin selalu menjaga kebersihan tapi itu malah akan menyebabkan pakaian yang kamu miliki lama kelamaan akan menjadi pudar warnanya. Kualitas dari bahan pakaian itu semakin lama akan semakin hilang apabila terus-terusan dilakukan proses penyucian. Memang sedikit ribet cara merawat pakaian yang benar. Namun kami punya beberapa cara untuk mencuci pakaian sesuai jenisnya:

Bahan Brokat

Cara Merawat Pakaian Yang Baik versi Temanpakai

Sumber : id.pinterest.com

Brokat adalah jenis pakaian yang biasanya digunakan untuk menciptakan kesan mewah dan digunakan untuk acara-acara tertentu seperti pernikahan atau menghadiri pesta. Sehingga pencucian brokat ini jangan sampai sembarangan, sebaiknya pencuciannya menggunakan tangan. Hindari pencucian menggunakan mesin cuci, supaya benang dalam bahan tidak kusut. Saat pengeringat pakaian jangan langsung terkena sinar matahari, angin-anginkan saja ditempat yang sejuk. Dan setelah pakaian kering tidak perlu disetrika cukup digantungkan saja dilemari, hindari juga untuk melipat pakaian yang berbahan brokat.

Bahan Spandex

Cara Merawat Pakaian Yang Baik versi Temanpakai

Sumber : olympics30.com

Bahan spandex merupakan bahan pakaian yang bersifat elastis . Dengan bahan yang elastis dan lentur, pakaian dengan kain ini akan memberikan kenyamanan dan kelembutan. Untuk bahan spandex ini hampir sama juga perawatannya dengan brokat, karena bahannya yang halus sebiknya saat pencucian pisahkan dengan pakaian yang lain. Hindari juga pencucian dengan mesin cuci. Saat penjemuran sebaiknya posisi pakaian dibalik agar warna pada baju depan tidak kusam terkena sinar matahari.

Bahan Chiffon

Cara Merawat Pakaian Yang Baik versi Temanpakai

Sumber : bahankain.com

Bahan pakaian dengan chiffon memiliki bahan yang tipis, ringan, transparan. Sebaiknya pencuciannya dipisah dengan pakaian lain karena pakaian dengan bahan chiffon ini sangat mudah terkena noda luntur apabila pencucian dicampur dengan pakaian yang luntur. Jangan terna langsung sinar matahari saat menjemur pakaian. Saat di seterika pun pakaian bahan ini jangan langsung terkena panas dari seterika, sebaiknnya berikan alas terlebih dahulu untuk melapisi pakaian.

Bahan Denim

Cara Merawat Pakaian Yang Baik versi Temanpakai

Sumber : laristahijab.com

Pasti setiap orang memiliki pakaian yang berbahan denim, karena pakaian yang berbahan denim ini cocok dimiliki semua kalangan. Untuk menjaga warna denim ini tetap awet sebaiknya jangan sering-sering mencucinya karena apabila sering dicuci malah akan membuat kainnya cepat melar dan lama-lama akan kehilangan bentuknya. Sebaiknya mencuci bahan denim saat benar-benar sudah sangat kotor saja. Jangan lupa juga untuk membalik pakaian saat menjemur untuk menjaga bentuk dan warna. Kebanyakan baju yang berwarna apabila terlalu lama terkena sinar matahari bisa mengalami kepudaran warna.

Bahan Rajut

Cara Merawat Pakaian Yang Baik versi Temanpakai

Smber : stylo.grid.id

Pakaian dengan bahan rajut saat ini memang sedang digemari banyak kalangan. Agar pakaian rajut mu tetap terlihat bagus terus sebaiknya cucilah dengan cara manual saja. Hindari menggunkan mesin cuci karena akan merusak tektur kain. Rendam pakaian dengan menggunakan air dingin dan kucek dengan tangan secara perlahan, jangan sekali-kali menyikat baju rajut dengan sikat pakaian. Dan tips untuk menjemur pakPaian rajut sebaiknya menggunkan beberapa lapis gantungan pakaian. Agar pakaian tidak kendur saat di jemur.

Bahan Sutra

Cara Merawat Pakaian Yang Baik versi Temanpakai

Sumber : solusiibuattack.com

Pakaian yang berbahan sutra memang sangat berharga dan memiliki kesan mewah. Sehingga perawatannya juga harus sangat diperhatikan. Pisahkan pencucian dengan pakaian lain, sebaiknya hindari mencuci dengan mesin cuci. Kurangi juga mengucek yang terlalu banyak, sebaiknya pakaian dengan sutra hanya direndam dengan air diamkan beberapa menit saja lalu bilas dengan air bersih, tekan perlahan agar air sedikit berkurang lakukan beberapa kali. Jemur pakaian didekat sinar matahari, jangan langsung terkena terik panasnya. Saat penyimpanannya juga sebaiknya jangan dilipat, gunakan gantungan baju disimpan dalam lemari yang tidak terlalu penuh isi pakaian yang lain.

2. Penyimpanan yang Baik

Cara merawat pakaian yang kedua adalah dengan menyimpan pakaian yang baik, penyimpanan yang baik juga sangat berpengaruh dalam merawat pakaian kamu agar dapat dipastikan bertahan lama. Ada beberapa jenis pakaian yang hanya perlu dilipat, tapi ada juga yang harus dihanger, dan ada juga yang perlu untuk dilipat secara rapi. Ada beberapa kategori agar pakaian yang km miliki tetap awet dan bertahan lama dilemari kesayangan mu.

Pakaian yang perlu dilipat

Baju atau pakaian yang perlu dilipat dalam lemari biasanya baju-baju yang mudah melar seperti pakaian yang berbahan rajut. Akan lebih awet apabila baju seperti ini dilipat dan ditumpuk dalam lemari pakaian. Baju lain yang dapat dilipat juga seperti kaos dan jeans karena pakaian tersebut memiliki tektuk bahan yang keras. Jadi akan memberikan kesan rapi juga di dalam lemari.

Pakaian yang digantung

Pakaian yang digantung ini biasanya memerlukan perawatan yang lebih. Sehingga lebih diutamakan digantung dengan menggunkan hanger. Pakaian yang biasanya di gantung biasanya seperti dress, jas, gaun pesta dan pakaian-pakaian lainnya. Perlunya digantung karena untuk mempertahankan pakaian tidak kusut dan menjaga nya agar bertahan lama. Untuk bahan pakaian brokat atau yang berpayet sebaiknya dilapisi dengan clothing cover (pentup pakaian) agar tidak tersangkut dengan pakaian yang lain saat digantung bersamaan.

Yang perlu disimpan dilaci

Pakaian yang biasanya disimpan ditempat lain atau didalam laci agar lebih rapi. Biasanya jenis-jenis yang biasanya dipisahkan dengan pakaian lain yaitu seperti kaos kaki, pakaian dalam, topi, sarung tangan dan aksesoris pakaian yang lain.

Harus pintar pintar merawat pakaian dengan baik ya teman-teman. Agar pakaian kalian dapat terjaga dan tetap awet.

Baca juga : Outfit Simple Saat Liburan Setelah Pandemi, Tips Memilih Pakaian Wanita di Iklim Tropis

 

Bagikan Artkel Ini